Pages

Subscribe:

Cybers Bars

Jumat, 16 Maret 2012

Facebook >> ToonPAint >> Instagram >> Facebook (again) ^_^

Tampaknya aplikasi desain grafis yang all in one dalam artian satu software mampu mengerjakan berbagai fungsi dan efek sudah semakin tidak populer. Misalnya Adobe Photoshop. Walaupun sangat powerfull dan digunakan oleh mayoritas designer grafis, program ini sangat mahal dan untuk menguasainya membutuhkan pemahaman dan proses belajar yang sangat lama.
Munculnya Iphone , Ipad serta variannya tampaknya mampu menggusur dominasi aplikasi-aplikasi tersebut yaitu dengan mumunculkan aplikasi yang sangat simple, dalam artian satu aplikasi satu fungsi namun sangat murah dan penggunaannya sangat sederhana bahkan anak kecil pun mampu menggunakannya. Bukan meremehkan pekerjaan designer grafis namun hari ini kita memasuki dunia yang sangat cepat, kerja cepat dan proses yang sangat cepat dan tampaknya aplikasi-aplikasi seperti ini mampu menjawab tantangan tersebut.
“Kalau satu efek hanya bisa dikerjakan dengan satu klik saja mengapa kita tidak menggunakannya dibanding menyibukkan diri dengan proses yang sangat rumit?”
Beberapa aplikasi editing photo “mobile” favoritku beberapa minggu ini adalah Instagram dan Toonpaint. Mungkin kita sudah tidak asing dengan Instagram. Program ini sangat favorit dan menjadi pujaan banyak orang. Bahkan ada beberapa orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli iphone hanya untuk menggunakan instagram. Kabar terakhir instagram melebarkan sayap untuk menjajah android. Kedua adalah toonPaint, aplikasi ini mampu dengan cepat mengubah foto menjadi format artlines dan memberinya warna khas kartun.
Iphone Screenshot : beberapa efek instagram
Social Sharing khas instagram
Iphone Screenshot : ToonPaint
Efek warna kartun
Kita bisa menggunakan aplikasi-aplikasi ini secara mandiri atau bahkan menggabungkan keduanya. Dan opsi terakhir ini menjadi favoritku beapa hari terakhir.
Langkah pertama kita mengambil gambar dengan kamera pada iphone atau bisa kita download dari facebook. pada contoh dibawah yang aku gunakan adalah foto istri saya tercinta ^_^.
Kemudian kita buka aplikasi ToonPaint. Kita Load foto tersebut dan kita atur setting line, black dan grey sehingga menghasilkan hasil akhir seperti ini.
Hasil aplikasi ToonPaint
Hasil ToonPaint bisa langsung kita upload via facebook atau save di dalam library foto kita. Pilih opsi kedua saja karena foto ini akan kita gunakan di dalam instagram. Setelah itu kita keluar dari ToonPaint dan buka aplikasi Instagram. Kita load foto yang sudah kita simpan tadi dan kita aplikasikan filter favorit kita. Beginilah hasil instagram.
hasil filter pada instagram
Nah menarik bukan. Cukup sederhana namun apabila kita gunakan pada software all in one akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan cukup rumit juga. Hasil pada instagram bisa langsung kita upload via facebook atau twitter agar bisa langsung diapresiasi oleh teman-teman kita.
Dibawah ini adalah beberapa contoh karya dengan proses yang serupa.
Om Rangga
Dek Abel

0 komentar:

Posting Komentar